AGUS SUNARYO : ERA DIGITAL JADI TANTANGAN PEMERINTAH DALAM MENGELOLA INFORMASI


Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Jambi, Ir. Agus Sunaryo, M.Si mengatakan bahwa seiring dengan perkembangan teknologi ketersediaan informasi semakin mudah diperoleh, tingkat penetrasi internet juga terus tumbuh setiap tahun, ini menjadi tantangan bagi pemerintah dalam mengelola informasi dan komunikasi publik bagi masyarakat. Hal tersebut diungkapkannya saat membuka acara Bimbingan Teknis Pelaksanaan Urusan Pemerintahan Bidang Kominfo Sub Urusan Informasi dan Komunikasi Publik pada Selasa (05/03) bertempat di Swiss Bell Hotel Jambi.

Lebih lanjut, Agus mengatakan bahwa komunikasi berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pelayanan publik. besarnya pengaruh komunikasi terhadap kualitas pelayanan publik ditentukan oleh dimensi-dimensi komunikator, pesan, media, komunikan,dan efek.

“Kegagalan dalam membangun komunikasi pelayanan publik dapat mengakibatkan terganggunya atau tersumbatnya aliran informasi pelayanan publik,” ucapnya.

Ditambahkannya, bahwa pesatnya kemajuan teknologi dewasa ini belum diimbangi dengan pemahaman masyarakat terhadap konten-konten di internet. Hal ini yang menggerakkan Kementerian Kominfo bersama Dinas Kominfo yang ada di daerah untuk merancang program literasi digital hingga 2020.

Literasi digital menjadi kunci untuk mengatasi persoalan yang melanda bangsa akhir-akhir ini. “Kita kerap kali disuguhi informasi-informasi dari dunia maya yang berisi konten negatif seperti hoax, bullying, radikalisme, dan pornografi.

“Saya berharap ruang media sosial diisi dengan informasi yang positif, jangan hanya mengisi informasi di media konvensional. Karena zaman telah membawa kita pada era digital dimana semua aktivitas berbasis elektronik, kita harus bisa beradaptasi dan mengubah pola kerja kehumasan dalam mengelola informasi,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui bahwa acara yang digagas oleh Kementerian Kominfo RI bekerja sama dengan Dinas Kominfo Provinsi Jambi ini turut mengundang Dinas Kominfo Provinsi/Kabupaten/Kota Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Riau.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Salamata Sembiring, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi, Ir. Nurachmat Herlambang, MMA, serta OPD terkait.