HERLAMBANG HARAP PEMILIH PEMULA TIDAK TERPROVOKASI DENGAN INFORMASI YANG BELUMĀ  JELAS KEBENARANNYA


Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi, Ir. Nurachmat Herlambang, MMA mengatakan bahwa pilihlah para pemimpin yang visinya jelas yaitu ingin membangun negara serta daerah tempat dimana kita tinggal. Hal tersebut diungkapkannya saat didaulat menjadi narasumber Talkshow yang bertema “ Gerakan Cerdas Memilih, Memilih itu Juara” pada Kamis (28/02) sore bertempat di Lippo Plaza Mall Jambi.

Lebih lanjut, herlambang mengatakan kepada para pemilih pemula bahwa jangan terprovokasi dengan informasi-informasi yang belum diketahui kebenarannya. “saring sebelum sharing,” ungkapnya.

Herlambang menjelaskan dihadapan para mahasiswa yang juga termasuk pemilih pemula agar jangan Golput, pilihlah pemimpin sesuai dengan hati nurani masing-masing

Untuk mengetahui apakah informasi tersebut adalah benar atau hoax, masyarakat dapat memastikan kebenarannya di website-website berita online terpercaya, ataupun  dapat bertanya kepada ahlinya terkait dengan informasi yang beredar di masyarakat.  

“Masyarakat dapat bertanya pada Relawan TIK yang salah satu tugasnya memberikan literasi kepada masyarakat bagaiamana cara menggunakan teknologi yang aman dan berdampak positif,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui bahwa beberapa waktu yang lalu, Gubernur Jambi, Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum Mengukuhkan 36 orang Relawan TIK yang berasal dari beberapa Perguruan Tinggi di Provinsi Jambi yang bertugas memberikan edukasi dan literasi kepada masyarakat tentang pemanfaatan teknologi yang baik, aman, dan benar termasuk meminimalisir dampak hoax yang acapkali terjadi belakangan ini.

Ketua Umum Relawan TIK Wilayah Jambi, Dr. Setiawan Assegaf menjelaskan bahwa Relawan TIK sebenarnya telah ada sejak tahun 2008, namun dikarenakan keberadaannya yang kurang eksis maka kami memohon kepada Gubernur Jambi bersedia untuk mengukuhkannya.

Setiawan berharap Relawan TIK nantinya dapat menjadi “virus” yang menyebarkan dampak positif kepada masyarakat, utamanya yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi.

“Saya memiliki harapan kepada para Relawan TIK agar dapat meminimalisir informasi hoax dan bermuatan ujaran kebencian yang terjadi akhir-akhir ini,” pungkas Setiawan.

Senada dengan Herlambang dan Setiawan, perwakilan KPUD Provinsi Jambi dan Bawaslu Provinsi Jambi yang hadir saat itu juga menghimbau kepada para pemilih pemula untuk dapat membedakan anatara informasi yang akurat dan yang bermuatan hoax.

KPU dan Bawaslu berharap Relawan TIK dapat mendeteksi informasi baik foto maupun video yang beredar di media sosial. “Kita ketahui bersama bahwa dengan pesatnya kemajuan teknologi, apapun dapat dimodifikasi baik itu foto maupun video, yang tadinya tidak ada dapat dibuat ada. Inilah yang kami harapkan kepada Relawan TIK agar dapat mendeteksi muatan konten ini sehingga tidak ada disinformasi diantara masyarakat,” tegasnya.

Acara yang digagas oleh RRI Jambi tersebut dihadiri oleh Kepala RRI Jambi, Rasman, para mahasiswa serta Relawan TIK.