DISKOMINFO PROVINSI JAMBI GELAR RAPAT KOORDINASI STATISTIK

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi, Ir. Nurachmat Herlambang, MMA memimpin rapat koordinasi membahas tentang statistik sektoral yang menjadi tanggung jawab dari masing-masing instansi (OPD). Rapat tersebut dilaksanakan pada Kamis (09/05) bertempat di Ruang Utama Kantor Gubernur Jambi.

Herlambang mengatakan bahwa rapat yang dilaksanakan tersebut membahas tentang statistik sektoral yang tujuannya adalah untuk menghasilkan data-data dari setiap OPD yang terstandarisasi.

Lebih lanjut, Herlambang mengungkapkan bahwa data yang dihasilkan diharapkan berkesinambungan dan merupakan data terbaru sehingga perwujudan membentuk forum satu data dapat tercapai.

Ditambahkannya, bahwa melalui forum satu data diharapkan dapat menghasilkan kebijakan-kebijakan yang lebih baik di masa-masa mendatang.

Sementara itu, Kepala BPS Provinsi Jambi, Dadang Hardiwan, mengungkapkan bahwa forum satu data untuk Provinsi Jambi sudah ada sejak 2017 dan telah terbentuk, hal ini berdasarkan pada Surat Keputusan Gubernur Jambi.

Dadang menambahkan bahwa statistik dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian, Yaitu Statistiik Dasar, Statistik Sektoral, dan Statistik Khusus. Statistik yang menjadi urusan pemerintah daerah yaitu statistik sektoral.

“Yang kita bahas hari ini adalah mengenai statistik sektoral, yang mana keberadaannya pada Dinas Kominfo Provinsi Jambi. Dinas Kominfo lah yang nantinya bertanggung jawab bersama semua OPD untuk mengumpulkan data terkait penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah daerah maupun tugas-tugas pembangunan yang merupakan tupoksi masing-masing instansi,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui bahwa forum satu data yakni sarana konsultasi maupun koordinasi antar OPD dalam mewujudkan satu data.

Rapat yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan tersebut dihadiri oleh semua OPD dilingkup Provinsi Jambi.