DISKOMINFO PROVINSI JAMBI GELAR BIMTEK PPID

Agus Sunaryo : Guna Wujudkan Transparansi Informasi, OPD/Badan Publik Wajib Sediakan Informasi Publik Melalui Website PPID Provinsi Jambi

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Drs. H.M. Dianto, M.Si, diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Agus Sunaryo, M.Si  mengungkapkan bahwa  Keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik lainnya. Hal tersebut dikatakannya saat membuka acara Bimbingan Teknis Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada Kamis (11/04) bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi.

Lebih lanjut, Agus mengatakan bahwa dengan diperolehnya informasi, masyarakat dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, mengetahui serta bisa berpartisipasi dalam pembuatan kebijakan publik sehingga pada akhirnya penyelenggaraan negara yang baik, transparan, efektif, efisien, dan akuntabel dapat terwujud.

Sebagaimana diketahui bahwa Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) memiliki tugas dan tanggung jawab dalam hal penyediaan, penyimpanan, pendokumentasian, pelayanan, dan pengamanan informasi  dan diharapkan dapat menyediakan informasi yang wajib disediakan dan diumumkan. Hal tersebut dijelaskan secara rinci di dalam Undang-Undang Nomor 14 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Di dalam sambutannya, Agus menegaskan bahwa Kurangnya kesadaran OPD/badan publik dalam menyediakan informasi berdampak pada pemerintahan provinsi jambi yang tertutup dan tidak transparan.

“Pemerintah Provinsi Jambi saat ini telah memiliki website PPID sendiri yang diperoleh dari Kemendagri dan telah banyak dipakai oleh beberapa provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Selain itu, website tersebut juga terintegrasi dari pusat hingga ke kabupaten/kota sehingga instansi pusat dapat memonitor terkait penyediaan informasi yang disebarluaskan oleh masing-masing badan publik. untuk itulah saya harapkan kepada setiap badan publik/OPD di lingkup Provinsi Jambi untuk menyediakan informasi publik secara berkesinambungan melalui website ppid.jambiprov.go.id,” ungkapnya.   

Agus berharap kegiatan serupa tidak hanya diperuntukkan bagi ASN, namun juga dapat diperuntukkan bagi masyarakat, hal ini bertujuan agar masyarakat dapat memahami betapa pentingnya informasi dan bagaimana cara memperoleh informasi publik yang diinginkan.

Pada acara tersebut, yang menjadi narasumber adalah Olga, staf dari Kemendagri sedangkan peserta Bimtek terdiri dari Sekretaris/Kabag Umum beserta Administrator dari setiap OPD di lingkup Provinsi Jambi.