DISKOMINFO PROVINSI JAMBI LAKUKAN PEMBINAAN TERHADAP KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT

SUDIRMAN : MASYARAKAT HARUS TABAYYUN TERHADAP SETIAP BERITA

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Drs. H.M. Dianto, M.Si mengungkapkan bahwa pada era reformasi dan situasi informasi global saat ini, internet maupun media sosial telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari  di tengah masyarakat. Hal tersebut diungkapkannya melalui sambutan tertulis yang dibacakan secara langsung oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi Jambi, H. Sudirman, SH, MH saat membuka acara Pembinaan/Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) pada Rabu (27/03) bertempat di Grand Hotel Jambi.

Mewakili Sekda, Sudirman dalam sambutannya mengungkapkan bahwa KIM dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat, dan untuk masyarakat yang  secara mandiri dan kreatif mengelola informasi dan diharapkan dapat berperan lebih besar dalam memberikan pemahaman dalam mengakses informasi melalui teknologi informasi dan komunikasi.

"Saya berharap KIM ini dapat menjalin kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat," ucapnya. 

Mendekati hari-hari jelang pemilu, Sudirman mengatakan bahwa terasa sekali berita-berita hoax yang disebarluaskan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, untuk itu dia berpesan bahwa setiap berita yang ada jangan ditelan bulat-bulat, sebaiknya diklarifikasi terlebih dahulu.

lebih lanjut, Sudirman menegaskan bahwa untuk menumpas hoax yang terus beredar di masyarakat, Kemenkominfo telah memperkenalkan sosok "Miss Lambe Hoax" yang akan mengulas berita-berita bohong yang paling berpengaruh dan viral di tengah masyarakat. 

Hal tersebut merupakan langkah nyata yang bertujuan untuk melawan hoax yang menjadi virus pengganggu jalannya tahapan pemilu yang lancar, baik, luber, jurdil, aman, dan damai.

"keberadaan KIM sangat diperlukan agar masyarakat menjadi cerdas dalam menyebarluaskan informasi yang benar dan akurat", ucapnya.

sebagaimana diketahui bahwa KIM sendiri merupakan mitra kerja pemerintah Provinsi , Pemerintah Kab/Kota khususnya mitra Dinas Kominfo  yang memiliki peranan  sangat strategis sebagai penyampai informasi atau kebijakan pemerintah ke masyarakat luas.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Tata Kelola Kemitraan Komunikasi Publik, Selamatta Sembiring, yang didaulat sebagai narasumber mengatakan bahwa informasi yang kita serap melalui media, akan membentuk karakter seperti apa yang kita lihat. 

Dia mencontohkan, apabila kita menonton atau melihat film yang identik dengan kekerasan, maka yang terjadi adalah sikap kita juga menjadi keras. "Untuk itulah mengapa hoax itu adalah sesuatu yang sangat berbahaya, bayangkan jika kita melihat seseorang melakukan hal yang buruk, pasti kita terus menerus menuduh dia melakukan hal yang buruk tersebut," pungkasnya.

"Saya berharap kita semua berhati-hati dengan apa yang kita lihat dan dengar, itulah yang nantinya akan menjadi tabiat kita," ucapnya.

Selain itu, Komisioner Bawaslu Provinsi Jambi, Fachrulrozi, yang juga didaulat sebagai narasumber menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama mencegah terjadinya pelangaran maupun tindak pidana pemilu, jika ada laporkan segera kepada institusi terkait.

Turut hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Kominfo Prov Jambi, Ir. Nurachmat Herlambang, MMA dan Kepala Dinas Kominfo Kab/Kota se-Provinsi Jambi.