Hubungi Kami: 0741-66269 | E-mail: diskominfo@jambiprov.go.id

Visi Misi

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, STRATEGI DAN KEBIJAKAN

 

Bab ini memuat dasar pemikiran perumusan visi dan misi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi yang nantinya dapat dipergunakan sebagai embrio visi dan misi Dinas Komunikasi dan Informatika dengan penambahan dan penyempurnaan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi.

I.        VISI MISI

Pelayanan Informasi Publik merupakan operasional komunikasi dan informatika Provinsi Jambi yang menyangkut kepentingan masyarakat dan Pemerintah dalam menjalankan fungsinya sebagai pelayan di Bidang Teknologi Info9rmasi, Operasional ini akan memudahkan Pemerintah Daerah dalam menjalankan fungsinya sebagai pengayom, pengatur dan pendorong kemajuan masyarakat. Untuk menjalankan pelayanan yang optimal kepada masyarakat yang mengharapkan informasi yang transparan, akuntabel dan jelas sumber informasinya. Maka Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi harus secara optimal memanfaatkan system jaringan yang terkordinasi dan terintegrasi antar SKPD dilingkup Pemerintah Provinsi Jambi. Dengan berdasarkan pemikiran di atas maka dirumuskan Visi dan Misi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi sebagai Berikut :

 

VISI

“Terwujudnya Masyarakat Jambi Berbasis Teknologi dan Informatika, berbudaya, maju dan Sejahtera”

 

Visi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi tersebut diatas didefinisikan sebagai berikut :

 

  1. Masyarakat mampu memilih,  memilah dan memanfaatkan informasi guna meningkatkan perubahan sosial dan pembangunan.
  2. Masyarakat memiliki kebutuhan yang tinggi terhadap informasi.
  3. Memiliki dan membuka akses informasi sampai ke Kelurahan/Pedesaan dalam Wilayah Provinsi Jambi.

 

MISI.

 

Merealisasikan Visi dan memberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan serta apa yang akan dihasilkan, dirumuskan dalam Misi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi sebagai berikut :

 

  1. Meningkatkan kapasitas Sumber Daya Aparatur di bidang TIK guna meningkatkan literasi dan profesionalisme.
  2. Meningkatkan kerjasama pemberdayaan lembaga komunikasi dan informatika.
  3. Meningkatkan pelayanan informasi yang transparan, akuntabel dan di dukung pemberdayaan telematika.
  4. Meningkatkan kualitas akses informasi dan pemanfaatan media informasi dan komunikasi.
  5. Meningkatkan pengawasan kualitas infrastruktur jaringan Pos dan Telekomunikasi dengan pemenuhan kebutuhan aplikasi dan pengelolaan informasi publik yang akurat.

 

Berdasarkan paparan Misi diatas, yang dimaksud dengan :

  1. Meningkatkan profesionalisme dan Kinerja Kelembagaan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi adalah upaya untuk mengatur dan meningkatkan fungsi dan peran perangkat kelembagaan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi berdasarkan kewenangan dan kondisi daerah dalam rangka peningkatan Kinerja Pemerintah Provinsi Jambi dan mengoptimalkan pendayagunaan teknologi informasi sekaligus sebagai upaya modernisasi system administrasi pemerintahan menuju terwujudnya Good Governmance.
  2. Meningkatkan pemanfaatan Sarana dan Prasarana Teknologi Informasi secara efektif dan efisien adalah menyiapkan infrastruktur jaringan informasi yang berbasis teknologi di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi, guna memudahkan user melakukan komunikasi dan pemanfaatan fasilitas teknologi informasi berupa aplikasi yang terintegrasi agar dapat diimplementasikan dalam kegiatan di SKPD sehingga data dapat terangkum di pusat server Dinas Komunikasi dan Informatika dan dapat memanfaatkan fasilitas jaringan internet sebagai tulang punggung penyelenggaraan layanan berbasis teknologi informasi.
  3. Meningkatkan serta mewujudkan ketersediaan data/informasi secara cepat, reliable dan akurat serta keterpaduan Sistem Informasi antara Pusat dan Daerah serta antar Daerah, strategi ini dilakukan dengan mempertimbangkan kuantitas data dan letak geografis pemrosesannya untuk mempercepat proses arus komunikasi di lingkungan kerja Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat untuk mendukung Aplikasi SIMDA yang dituangkan dalam pola induk pengembangan fasilitas informasi dan komunikasi data untuk menciptakan keterpaduan dan sinergi pembangunan daerah yang partisipatif dan membuka keterhubungan informasi antara pemerintah pusat dengan daerah, antar daerah, dunia usaha dan sektor-sektor lainnya.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Aparatur (SDA) di bidang teknologi informasi dan komunikasi dengan menyiapkan SDA secara menyeluruh, yaitu meningkatkan SDA yang ada dalam bidang pengetahuan teknologi informasi untuk semua tingkat keahlian, untuk mengelola system yang berada dilingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika maupun pengguna yang berada di Badan/Dinas/Biro/Kantor/Unit Kerja di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi, berupa pengadministrasian computer pada jaringan yang dikembangkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, dengan mempersiapkan jaringan server utama dalam menjalankan aplikasi.
  5. Meningkatkan kerjasama dan kemitraan serta memberdayakan lembaga komunikasi dan informatika pemerintah dengan masyarakat, lembaga media massa, dokumentasi dan monitoring pendapat umum.
  6. Meningkatkan pengawasan terhadap kualitas infrastruktur jaringan pos dan telekomunikasi di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi.
  7. Meningkatkan pelayanan informasi multi media kepada public yang terprogram, akuntabel melalui Website Pemerintah Provinsi Jambi www.jambiprov.go.id dan Website Dinas Komunikasi dan Informatika www.diskominfo.jambiprov.go.id sebagai perwujudan penerapan e-government di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi serta terjalinnya komunikasi langsung (on line) antar Data Center baik Tingkat Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk kepentingan implementasi aplikasi sisteminformasi yang akan dibangun dan dikembangkan.

 

  1. II.     MOTTO.

 

Mendorong percepatan pencapaian Visi dan Misi, maka dirumuskan Motto Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi sebagai berikut :

 

“ KOMUNIKASI INFORMASI TERARAH CEPAT DAN AKURAT “