Hubungi Kami: 0741-66269 | E-mail: diskominfo@jambiprov.go.id

ZOLA HARAP PETROCHINA TERIMA TENAGA KERJA JAMBI

Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli. S.TP, MA mengharapkan, Petrochina bisa menerima tenaga kerja dari Provinsi Jambi, untuk itu Pemerintah Provinsi Jambi siap melatih tenaga kerja yang dibutuhkan. Melalui Balai Latihan Kerja (BLK) pemerintah siap melatih calon tenaga kerja yang terampil dan handal. Demikian dikatakan Gubernur Jambi saat kunjungan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia M. Hanif Dhakiri di Petrochina Internasional Jabung Desa Pandan Jaya Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Senin (04/04).

Dalam sambutan dan arahannya Gubernur Jambi H. Zumi Zola menjelaskan, dengan kehadiran Menteri Tenaga Kerja diharapkan bisa menjadi semangat bagi semua pemangku kepentingan dalam menjalankan tugas. Sebelumnya Gubernur Zola juga memaparkan geografis Provinsi Jambi serta kemudian juga dilanjutkan dengan penjabaran ketenagakerjaan khususnya di Provinsi Jambi.

Dalam kesempatan ini Gubernur Zola juga meminta kepada pihak Petrochina untuk berkerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jambi khususnya dalam masalah penerimaan tenaga kerja. "Saya berharap besar kepada Petrochina bisa berkerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jambi dalam bidang penerimaan tenaga kerja. Kami siap melatih tenaga kerja untuk disalurkan ke Petrochina," jelas Zola.

Menurut Gubernur Zola, tenaga kerja Jambi juga telah banyak terlatih dan berkerja diluar negeri, hanya saja yang menjadi permasalahan saat ini diantaranya adalah minimnya pelatihan bahasa seperti bahasa Jepang ataupun bahasa Cina. "Tenaga kerja kita perlu adanya pelatihan atau kursus bahasa asing guna mempermudah komunikasi," tutur Zola.

Disamping itu, Gubernur  Zola juga meminta kepada para Bupati/Walikota se-Provinsi Jambi agar mendata para tenaga kerja kabupaten/kota di perusahaan-perusahaan yang berada di wilayah Provinsi Jambi ini. "Pendataan ini untuk mempermudah kabupaten/kota untuk mengetahui berapa jumlah tenaga kerja dari daerahnya yang berkerja pada perusahaan," ucap Zola.

Pada kesempatan ini Gubernur Zola juga menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan Petrochina dengan penyaluran air bersih kepada masyarakat Tanjung Jabung Timur.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan RI M. Hanif Dhakiri menyampaikan, konsekuensi perubahan tenaga kerja sudah menjadi prioritas bagi pemerintahan, untuk itu tenaga kerja harus terampil dan menguasai bidangnya.

Dikatakan Menteri, Pemerintah terus mendorong tenaga kerja harus mendapatkan kesejahteraan dan kehidupan yang layak, tetapi harus di iringi dengan ilmu dan keahlian serta pengetahuan." Kita harus mempunyai ilmu dan keahlian serta pengetahuan, agar dapat bersaing secara sehat," kata Menteri.

Menteri Ketenagakerjaan RI tersebut juga mengemukakan permasalahan tenaga kerja dari luar negeri yang berkerja di Indonesia. "Kita negara terbuka, berarti kita siap menerima tanaga kerja dari luar negeri asalkan dia mempunyai kompetensi yang bagus dan memenuhi semua syarat yang telah ditentutkan oleh negara," jelas Menteri.

Sebelumnya, Presiden Direktur Petrochina Gong Bencai menyampaikan, Petrochina tetap berusaha menyediakan manfaat terbaik bagi setiap karyawan ditengah harga minyak menurun. "Harus diakui Petrochina memang melakukan efisiensi anggaran namun belum ada pemutusan tenaga kerja atau PHK untuk tahun ini," katanya.

“Selain itu Petrochina akan terus berkomitmen melanjutkan investasinya di Indonesia serta karyawan masih tetap menjadi prioritas utama perusahan,” sambungnya.

Dalam kunjungan Menteri Ketenagaan Kerja kali ini juga diadakan sesi tanya jawab antara Menteri dan Manajemen serta para tenaga kerja yang berada di Petrochina mengenai isu-isu ketenagakerjaan.

Turut hadir dalam acara ini Bupati Tanjung Jabung Timur H. Ambo Tang, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, H. Amir Sakib, Kepala Dinas Sosnakertrans Provinsi Jambi M. Dianto, para kepala SKPD terkait Provinsi Jambi, para karyawan Petrochina serta para undangan lainnya.

0 Komentar

Komentar Anda

Reply to the post


Visual CAPTCHA Masukkan kode validasi

Untuk masalah keamanan, kami akan menyimpan alamat IP Komputer anda