Hubungi Kami: 0741-66269 | E-mail: diskominfo@jambiprov.go.id

TAGOR MULIA NASUTION BUKA ACARA RAKORNIS BIDANG KOMINFO SE-PROVINSI JAMBI

Pj. Sekretaris Daerah Drs. H. Erwan Malik, MM diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Ir. H. Tagor Mulia Nasution, MM mengungkapkan bahwa untuk meningkatkan sinergitas dan sinkronisasi di bidang komunikasi dan informatika, pemerintah pusat, provinsi serta kabupaten/kota harus saling melengkapi di dalam pengembangan dan pemberdayaan guna mewujudkan keterbukaan dan kepercayaan kepada masyarakat. Hal ini diungkapkan Tagor saat membuka Rakornis bidang Kominfo se-Provinsi Jambi sekaligus launching aplikasi sistem pemesanan online mess Jambi pada (15/10) bertempat di Hotel Novita Jambi.

Ditambahkannya bahwa sejalan dengan amanat dari Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Dinas Kominfo memiliki tanggung jawab dalam penyediaan infrastruktur data center serta mengintegrasikannya, hal ini dilaksanakan sesuai tindaklanjut dari arahan pemerintah pusat.

Selain bidang aplikasi dan informatika, Dinas Kominfo juga melaksanakan tugas dibidang persandian, hal ini dalam rangka pengamanan informasi di setiap lini kehidupan terutama pada sektor pemerintahan daerah. Dimana terdapat lima aspek layanan pengamanan informasi dalam meningkatkan pengamanan infrastruktur teknologi dan informasi pada sektor pemerintahan yaitu kerahasiaan (confidentiality), keutuhan (integrity), keautentikan (autentication), nir penyangkalan (non-repudation), dan akses kontrol.

“kita mengetahui bahwa di era sekarang ini semua informasi berbasis digital, terkait dengan perencanaan pembangunan, realisasi anggaran sampai dengan laporan akhir, semua serba digital, untuk itu kuasailah teknologi agar kita semua tidak tergilas oleh zaman,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Tagor juga me-launching aplikasi sistem pemesanan online di Mess Jambi. “saya harap dengan diluncurkannya aplikasi pemesanan mess jambi secara online ini, pengunjung yang menginap dapat merasa nyaman dan mengetahui berapa persediaan kamar yang masih kosong/ belum di-booking,” ujarnya.

Selanjutnya, Tagor mengungkapkan bahwa sejalan dengan adanya aplikasi tersebut, harus diimbangi juga dengan pelayanan dan fasilitas yang baik agar dapat bersaing dengan  penginapan lain.

Senada dengan apa yang diungkapkan Tagor, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi, Ir. Nurachmat Herlambang, MMA mengungkapkan bahwa harus ada kesamapahaman antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi serta kabupaten/kota dalam hal pelaksanaan pembangunan yang berbasis digital, agar perwujudan pelayanan yang baik untuk masyarakat dapat terlaksana dengan cepat dan murah.

Selanjutnya, Kami berharap dengan adanya aplikasi pemesanan online mess jambi yang di-launching hari ini, masyarakat mendapatkan kepastian dan kenyamanan dalam mem-booking kamar, karena selama ini para pemesan di mess jambi tidak mengetahui apakah masih tersedia kamar kosong atau tidak. Selanjutnya, mengenai fasilitas tentu mess jambi juga harus meningkatkan fasilitas dan pelayanan agar masyarakat yang menginap disana merasa nyaman.” Jelasnya.

Pada Rakornis tersebut, Dinas Kominfo mengundang narasumber dari pusat. Pertama, Bambang Dwi Anggono dari Direktorat e-Government Kemenkominfo RI dan kedua, Ronal Tumpal dari Badan Cyber dan Sandi Negara. [yp]

0 Komentar

Komentar Anda

Reply to the post


Visual CAPTCHA Masukkan kode validasi

Untuk masalah keamanan, kami akan menyimpan alamat IP Komputer anda