Hubungi Kami: 0741-66269 | E-mail: diskominfo@jambiprov.go.id

KADIS KOMINFO BUKA ACARA WORKSHOP PERSANDIAN UNTUK PENGAMANAN INFORMASI

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi Ir. Nurachmat Herlambang, MMA mengungkapkan bahwa peningkatan pengamanan dalam persandian harus dilakukan dengan baik agar data maupun dokumen elektronik yang kita miliki terproteksi dengan baik. Hal tersebut ungkapkannya saat membuka acara Workshop Persandian untuk Pengamanan Informasi pada Kamis (12/10) bertempat di Ruang Mayang Mangurai Bappeda Provinsi Jambi.

Dalam pidatonya, Herlambang menjelaskan bahwa terdapat 5 aspek layanan pengamanan informasi dalam meningkatkan serta mengamankan infrastruktur dan teknologi yaitu : kerahasiaan (confidentiality), keutuhan (integrity), keautentikan  (authentication), nir penyangkalan (non repudation) serta akses kontrol.

Ditambahkannya bahwa untuk mencapai 5 aspek tersebut, diperlukan 3 pilar keamanan yang meliputi perlindungan fisik, pemenuhan prosedur dan kriptografi.

“Kita mengetahui bahwa di era modern dewasa ini semua serba digital, ada yang namanya media sosial dan dalam penggunaannya tentu diperlukan kata sandi, dalam hal ini tentu kita harus senantiasa melindungi akun kita dari kejahatan-kejahatan dunia maya (cyber crime). Untuk itu perlu dilakukannya peningkatan keamanan secara berkelanjutan (sustainable) yaitu dengan mengganti secara berkala kata sandi ataupun bisa kita ganti dengan sebuah kata yang tidak bermakna dengan menggabungkan angka didalamnya, saya ambil contoh : 4mpR29837, kata sandi seperti ini kan tak memiliki makna dan merupakan gabungan dari angka dan huruf,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Herlambang juga menjelaskan bahwa persandian negara berperan dalam hal   melindungi keamanan informasi (baik yang bersifat rahasia maupun terbuka) milik pemerintah serta mendukung kegiatan deteksi dini dan peringatan dini dalam rangka pencegahan , penangkalan dan penanggulangan terhadap setiap ancaman yang mungkin timbul mengancam kepentingan dan keamanan nasional.

“Jika dalam suatu rapat tertutup bersama Presiden/pejabat negara, kita pasti menyadari mengapa signal di telepon genggam (HP) kita kadang kala hilang. Hal ini adalah salah satu tugas dari Lembaga Sandi dalam mengacak signal HP seseorang dengan menggunakan sebuah alat bernama “Jammer” , tindakan seperti ini sudah sangat lazim dilakukan agar tidak terjadi kebocoran informasi dalam rapat tersebut sehingga nantinya tidak menimbulkan hal-hal yang bahaya dikemudian hari,” ucapnya.

“mengingat bahwa di era keterbukaan informasi saat ini, saya mengharapkan agar seluruh unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Provinsi Jambi dapat lebih memperhatikan keamanan (security awarness) dalam proses pengelolaan informasi.

Dalam acara tersebut turut hadir senada dengan apa yang dikatakan Herlambang, Dra. Eni Yulika, M.Sc selaku Kabid TIK dan Persandian Diskominfo Provinsi Jambi mengatakan bahwa “pengamanan persandian di lingkup pemerintahan perlu dilaksanakan dengan baik, agar data maupun informasi yang bersifat rahasia tidak bocor, untuk itu pada hari ini kita adakan workshop untuk persandian dan pengamanan informasi yang nantinya akan dijelaskan oleh narasumber kita dari Lembaga Sandi Negara RI (Lemsaneg),” ungkapnya.

Diah Sulistyawati dan Ariful Mustaqim narasumber dari Lemsaneg menjelaskan terkait dengan pengamanan informasi di lingkup pemerintahan khususnya di lingkup pemerintah Provinsi Jambi perlu dilakukan pembenahan dalam mengirimkan informasi atau data antar pemerintahan. “agar data dan dokumen kita aman, sebaiknya jangan gunakan email publik (gmail, yahoo, dll) dalam mengirimkan data. Sebaiknya kita memakai “email sanapati” yang lebih terproteksi dan aman,” ucapnya.

Untuk itu, Eni Yulika menjelaskan bahwa pasca acara ini, Diskominfo akan membuat surat edaran agar seluruh OPD meggunakan email sanapati, dan diharapkan kepada ASN di Tata Usaha masing-masing OPD menjadi adminnya.

 

 

 

0 Komentar

Komentar Anda

Reply to the post


Visual CAPTCHA Masukkan kode validasi

Untuk masalah keamanan, kami akan menyimpan alamat IP Komputer anda