Hubungi Kami: 0741-66269 | E-mail: diskominfo@jambiprov.go.id

GUBERNUR ZOLA BANTU MASYARAKAT TERDAMPAK BANJIR BANDANG DI SAROLANGUN

Usai menghadap Menteri Kehutanan RI di Jakarta, Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli, S.PT, MA yang baru tiba di Jambi, langsung mendapat laporan tentang adanya musibah banjir bandang yang menimpa warga Kabupaten Sarolangun, Zola secara spontan dan mendadak langsung menuju Kabupaten Sarolangun untuk meninjau korban dan situasi desa pasca diterjang bencana banjir, Selasa (29/03).

Kedatangan  Zola ke lokasi banjir langsung disambut Bupati Sarolangun Cek Endra bersama Wakil Bupati dan unsur Forkompimda Kabupaten sarolangun berserta kepala SKPD terkait dan warga masyarakat setempat.

Lokasi pertama yang dikunjungi Gubernur Zola adalah Desa Ladang Panjang Kecamatan Pauh Kabupaten Sarolangun. Disamping meninjau Gubernur Zola juga menyerahkan  bantuan paket secara simbolis berupa mie instan, selimut, kain serta alat dapur.     

Setelah meninjau Desa Ladang Panjang,  Zola beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju Desa Tumenggung Kecamatan Limun. Di desa ini Gubernur juga menyerahkan beberapa bantuan paket secara simbolis. Disamping itu Zola juga meninjau  SD 76 /V-II Tumengung yang juga terendam banjir.

Pada saat diwawancarai oleh rekan media,  Zola menyampaikan keprihatinannya serta berharap warga setempat sabar dan tabah terhadap musibah yang melanda. “Dengan musibah ini semua diharapkan menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kita semua,” kata Gubernur.

Selain itu Zola juga meminta kepada bupati untuk mendata semua kerugian dan segera mengajukan ke Pemerintah Provinsi Jambi bantuan apa yang dibutuhkan untuk ditindaklanjuti dengan segera.

Pada kesempatan ini  Zola Juga menyerahkan paket sembako dan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi Rp 150 juta secara simbolis yang diterima langsung Bupati Sarolangun.

Dikatakan Zola, kejadian musibah banjir ini sudah setiap tahunnya terjadi namun dalam skala kecil, tapi tahun ini cukup mengejutkan dengan terjadinya banjir besar. “Ini apa sebabnya, ini perlu dikaji dan duduk bersama antara masyarakat dan pemerintah kabupaten serta juga pemerintah provinsi. Kejadian ini ulah manusia, untuk itu semua harus mempunyai komitmen untuk pencegahan agar jangan terulang lagi banjir. Aturan dan undang-undangnya harus dibuat,” ucap Gubernur.

"Pemerintah bukan melarang masyarakat untuk mencari emas, tapi harus ada aturannya. Tanpa ada aturannya, ya inilah akibatnya, apakah kita biarkan alam ini hancur semua baru kita perbaiki,"  sambung Gubernur.

Zola  juga menambahkan, ada tiga kabupaten harus duduk bersama masalah Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) Sarolangun, Merangin dan Bungo. "Kita akan panggil Bupati dan seluruh yang terkait duduk bersama untuk mencari jalan keluarnya. Pemerintah Provinsi Jambi siap membantu masyarakat yang terkena musibah banjir ini. Sekali lagi saya sampaikan tolong didata semua, ajukan ke Pemerintah Provinsi Jambi, dengan segera kita bantu,” pungkas Gubernur.

Sementara itu Bupati Sarolangun Cek Endra menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi khususnya Gubernur Jambi yang secara langsung turun kelokasi meninjau dan menemui masyarakat yang terkena musibah banjir.

Dikatakan Cek Endra, Pemerintah Kabupaten Sarolangun juga telah membantu masyarakat yang terkena musibah dari empat (4) kecamatan lebih kurang seribu rumah yang terendam banjir dan merusak 70 hektar sawah  akibat banjir bandang semalam.

Sementara itu juga, Kepala Badan Penanggulangan. Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi Arif Munandar menjelaskan, untuk data sementara akibat banjir bandang tersebut 87 unit rumah warga terendam banjir dan satu jembatan gantung hanyut, satu mesjid dan satu musholla terendam.

Turut serta mendampingi Gubernur dalam kegiatan ini diantaranya Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, Kepala Dinas Sosnakertrans Provinsi Jambi, Kepala BPBD Provinsi Jambi serta Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi.

0 Komentar

Komentar Anda

Reply to the post


Visual CAPTCHA Masukkan kode validasi

Untuk masalah keamanan, kami akan menyimpan alamat IP Komputer anda