Hubungi Kami: 0741-66269 | E-mail: diskominfo@jambiprov.go.id

GUBERNUR TINJAU PELEBARAN JALAN DI SIMPANG KAWAT DAN SIMPANG MAYANG

Usai meninjau lokasi rencana perpanjangan landasan Bandara Sultan Thaha, Gubernur Jambi, H. Zumi Zola, S.TP, MA  didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, Ir.Benhard Panjaitan,MM, meninjau pembangunan pelebaran jalan di Simpang Kawat dan Simpang Mayang, Kota Jambi, Jum’at (1/4) siang.

Di Simpang Kawat, Zola meninjau pekerjaan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi yang sedang melakukan pekerjaan pelebaran jalan dengan pembangunan gorong-gorong tertutup, yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lokasi rencana pembangunan fly over (jalan layang) di Simpang Mayang.

Kepada para wartawan yang mewawancarainya, Zola menyatakan,”Tahun ini, kita ada pekerjaan PU, beberapa titik di Kota Jambi, tadi sudah lita lihat, salah satunya di bandara, untuk memperpanjang landasan. Di Jalan Hos Cokroaminoto ini, setiap hari padat, macet, tentu kita perlu ada upaya untuk memperlancar jalur transportasi. Jadi, sepanjang 900 meter ini, jalan akan dilebarkan, 2,5 meter ke kanan dan 2,5 meter ke kiri. Ini sedang dikerjakan dan memang masih ada lagi sisa 200 meter. Itu mungkin kita lanjutkan di tahun yang akan datang. Tadi dikatakan, teknis tidak ada masalah. Mudah-mudahan kalau jalan ini selesai, macet bias terurai khususnya di jalan Hos Cokroaminoto ini,” ujar Zola

Zola mengatakan bahwa Jalan Hos Cokroaminoto tersebut didesain untuk dua jalur jalan. “Mudah-mudahan nanti, bukan satu lajur mobil dari setiap jalur, tetapi dua lajur, karena ini termasuk yang padat. Ada beberapa titik juga di Kota Jambi yang sedang kita upayakan untuk bisa dilebarkan,” lanjut Zola.

“Saya mohon bantuan dari semua pihak, seperti yang selalu saya sampaikan, program pembangunan dapat terlaksana dengan baik, apabila didukung oleh semua lapisan masyarakat. Untuk masyarakat yang tanahnya kebetulan kena dalam proses pembangunan ini, saya mohon agar mendukung pembangunan ini. Apabila tanah Bapak/Ibu digunakan untuk pembangunan, ada aturan untuk ganti ruginya. Ini sudah ditetapkan oleh negara, harganya pun juga sudah ditetapkan. Tidak bisa lebih dari harga yang ditetapkan dan juga tidak dibawah harga itu,” ungkap Zola.

“Pak presiden sangat menuntut agar pelaksanaan pembangunan bisa dipercepat dan disukung melalui Keppres untuk memperlancar pembebasan lahan. Pemprov, Pemkot, Pemkab bisa menitipkan dana pembebasan lahan ini di pengadilan, tetapi sebelum sampai ke tahap itu, tentu kita melakukan pendekatan,” terang Zola.

“Jalan ini macet setiap hari, begitu banyak masyarakat lewat hilir mudik, mungkin saudara-saudara dan keluarga kita juga. Yang punya lahan mungkin keluarganya lewat sini juga. Jadi, mohon dibantu demi pembangunan ini, dimanapun se Provinsi Jambi ini saya mohon, bantu kami sehigga pembangunan bisa berjalan lancar,” harap Zola.

Tentang pengembangan bandara, Zola mengemukakan bahwa bandara itu sangat penting karena itu adalah wajah pertama dari Provinsi Jambi yang harus kita perhatikan.  “Seperti kita lihat tadi sebagian jalan keluar dari bandara sudah kita bangun, tetapi kemudian jalannya mengecil, jalan ini harus kita lebarkan dan saya lihat di situ ada lahan masyarakat, sebagian besar sudah, hanya beberapa titik saja yang masih belum. Sekali lagi saya mohon didukung agar pembangunan ini tidak terkendala karena ini untuk semua masyarakat,” tegas Zola.

Menjawab pertanyaan tentang jalan di Simpang Mayang (untuk pembangunan fly over/jalan layang), Zola menyatakan,”Simpang Mayang juga termasuk masalah dalam pembebasan lahan. Saya sudah memantau, sudah memonitor. Saya harap dari pemilik lahan bisa membantu masyarakat,” pungkas Zola.

Ketika ditanya angaran untuk pembebasan lahan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, Ir.Benhard Panjaitan,MM menyatakan, anggaran yang disiapkan untuk pembebasan lahan yang ke arah bandara sekitar Rp15 miliar. “Itu sudah hamper selesai, tinggal satu titik yang sedang kita upayakan penyelesaiannya, dengan mengikuti NJOP dan berdasarkan aturan yang berlaku,” tutur Benhard.

“Jalan yang dilebarkan pada tahun ini, Jalan Hos Cokroaminoto, jalan ke arah bandara, Simpang PKK sampai ke Lingkar,” tambah Benhard.

 

0 Komentar

Komentar Anda

Reply to the post


Visual CAPTCHA Masukkan kode validasi

Untuk masalah keamanan, kami akan menyimpan alamat IP Komputer anda