Hubungi Kami: 0741-66269 | E-mail: diskominfo@jambiprov.go.id

BUPATI SERAHKAN LAPORAN AKHIR KAJIAN AKADEMIS KE DPD GUNA PERCEPAT LAHIRNYA KABUPATEN TABIR RAYA

Bupati Merangin H Al Haris bersama Wabup H A Khafid Moein dan Sekda H Sibawaihi, kemarin (29/3) menyerahkan laporan akhir kajian akademis pembentukan daerah otonomi baru (Pemekaran wilayah) Kabupaten Merangin ke Dewan Pimpinan Daerah RI.

Buku setebal 30 Cm itu, diserahkan bupati ke anggota DPD RI Hj Juniwati Maschun Sofyan di Aula II Kantor Bupati Merangin. ‘’Semoga dengan diserahkan laporan akhir akademis ini, akan mempercepat lahirnya Kabupaten Tabir Raya,’’harap Bupati.

Pada acara yang dihadiri masyarakat perintis lahirnya Kabupaten Tabir Raya itu, bupati menganggap Hj Juniwati adalah ibunya Jambi, kepadanya semua persoalan lahirnya Tabir Raya ditumpukan.

Hj Juniwati menegaskan, pemekaran Kabupaten Merangin adalah ‘potong kompas’. Sebelumnya ada ratusan daerah yang mengusulkan untuk dimekarkan, namun belum juga direspon. Tapi beda dengan Tabir Raya yang langsung mendapat apresiasi.

‘’Semua itu tentunya tidak luput dari jerih payah, Bapak Bupati Merangin, Wabup dan Sekda yang terus memperjuangkan percepatan lahirnya Kabupaten Tabir Raya,’’ujar Hj Juniwati disambut tepuk tangan para undangan yang hadir.

Pada acara reses anggota DPD RI ke Merangin tersebut, Hj Juniwati berharap bila Tabir Raya sudah menjadi daerah otonomi baru (DOB) nanti, jangan sampai tidak mampu memberikan, kesejahteraan masyarakat, pemberdayaan masyarakat dan pelayanan publik.

Tiga hal tersebut jelas istri mantan Gubernur Jambi itu, menjadi kunci utama atas keberhasilan terbentuknya DOB. Guna kelancaran proses terbentuknya Kabupaten Tabir Raya, Pemkab Merangin diminta memenuhi berbagai persyaratan.

‘’Tolong urusan administratif, persyarakatan fisik, sosial budaya, ekonomi, luas wilayah, batas wilayah dan persyaratan lainnya cepat dipenuhi, sehingga tidak mengganggu proses percepatan lahirnya Kabupaten Tabir Raya,’’pinta Hj Juniwati.

Terkait hal tersebut, Kabag Pemerintahan Setda Merangin Ladani menegaskan, kalau semua persyaratan itu telah dipenuhi. Saat ini Pemkab Merangin tengah mengurus pembutan peta wilayah di Badan Informasi Geospesial di Cibinong.

‘’Perlu adanya pemecahan wilayah Kabupaten Tabir Raya dari wilayah induknya Kabupaten Merangin. Jadi nanti akan ada dua peta, peta wilayah Kabupaten Merangin dan peta wilayah Kabupaten Tabir Raya,’’jelas Ladani.

 

0 Komentar

Komentar Anda

Reply to the post


Visual CAPTCHA Masukkan kode validasi

Untuk masalah keamanan, kami akan menyimpan alamat IP Komputer anda