Hubungi Kami: 0741-66269 | E-mail: diskominfo@jambiprov.go.id

ASISTEN ADMINISTRASI UMUM BUKA ACARA RAKORTEKNIS SPSE SE-PROVINSI JAMBI

H. SAIPUDIN :  DIPERLUKAN SDM YANG BERKOMPETEN UNTUK WUJUDKAN LAYANAN LPSE YANG BAIK

Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Jambi H. Saipudin, Amk, SE, MH menyatakan bahwa untuk mewujudkan percepatan pengadaan barang/jasa yang berkualitas sebagaimana tertuang di dalam Inpres Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dibutuhkan sebuah komitmen bersama yang kuat. Hal ini diungkapkannya saat membuka acara Rakoteknis (Rapat Koordinasi Teknis) LPSE se-Provinsi Jambi pada Rabu (26/04) bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi.

Sebagaimana diketahui bahwa acara Rakorteknis tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman awal mengenai terbitnya Perpres Nomor 4 Tahun 2015 sebagai perubahan keempat kali Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, yang mana tujuannya memberikan semangat dalam peningkatan efektifitas dan percepatan proses lelang secara transparan dan akuntabel.

H. Saipudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran dan fungsi LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) sangat strategis dalam mengawal proses pembangunan daerah. Maka dari itu diperlukan peningkatan secara terus menerus dalam hal penguatan dari sisi infrastruktur dan SDM pengelola di daerah.

"Untuk itulah, saya mengharapkan pada Rakorteknis kali ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, salah satu upaya yang harus dilakukan adalah menyamakan persepsi antara Kabupaten/Kota dengan Provinsi agar LPSE ini dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

"Sumber daya manusianya tentu juga harus ditingkatkan, apalagi saat ini kan kita sudah menggunakan aplikasi SPSE (Sistem Pengadaan Secara Elektronik) versi 4.0," ucap Saipudin.

Pemerintah Provinsi Jambi saat ini memang telah menggunakan Sistem aplikasi SPSE versi 4.0, namun permasalahan kemampuan SDM pengelola LPSE yang tidak merata khususnya dari sisi teknis infrastruktur masih perlu bimbingan dari LKPP Pusat.

"Maka dari itulah hari ini kita undang Bapak Ahmad Arifin selaku narasumber kita dari LKPP RI, beliau lah nantinya yang akan memberikan kita arahan dan masukannya untuk Provinsi Jambi," ucap Saipudin.

Saat ini diketahui bahwa Pemerintah Provinsi Jambi telah mengimplementasi penerapan e-lelang cepat yang merupakan inovasi dan modenisasi demi mewujudkan percepatan barang dan jasa.

Pada kesempatan tersebut, H. Saipudin mengharapkan agar lahirnya tenaga-tenaga yang berkompeten dan memiliki kapabilitas yang tinggi agar mampu mendukung dan mewujudkan transparansi, obyektifitas,efektifitas serta akuntabilitas dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

"Upaya yang harus dilakukan untuk mewujudkan lelang secara cepat, transparan serta akuntabel adalah dengan sama-sama bersinergi antara Kabupaten/Kota dengan Provinsi, dengan begitu kita semua dapat mewujudkannya," ungkapnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi Abdullah Sani, S.Sos mengungkapkan bahwa Rakorteknis yang dilaksanakan di Ruang Pola tersebut adalah salah satu dari upaya Pemerintah Provinsi Jambi untuk mewujudkan pengadaan secara elektronik yang benar-benar bersih dan terpercaya.

"Tujuan kita disini tentu sama-sama ingin mewujudkan layanan LPSE yang berbasis akuntabel, transpansi serta efektif. tentu ini juga sejalan dengan visi Bapak Gubernur dalam mewujudkan Jambi Tuntas 2021," ucapnya

Senada dengan apa yang dinyatakan H. Saipudin, Abdullah Sani menjelaskan bahwa sinergitas antara Pemerintah Kab/Kota dengan Pemerintah Provinsi sangat diperlukan dalam membangun persepsi untuk dapat mewujudkan pelayanan LPSE yang baik. selain itu, juga diperlukan pengkaderan untuk pengelola LPSE tersebut, mengingat bahwa diperlukan SDM yang baik agar semua yang dicita-citakan dapat terwujud.

Sebagaimana diketahui bahwa acara yang mengusung tema “Penguatan Infrastruktur Dan Evaluasi Penggunaan Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) Versi 4” tersebut dihadiri oleh 100 orang yang terdiri dari Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi serta OPD terkait.

 

 

0 Komentar

Komentar Anda

Reply to the post


Visual CAPTCHA Masukkan kode validasi

Untuk masalah keamanan, kami akan menyimpan alamat IP Komputer anda