Hubungi Kami: 0741-66269 | E-mail: diskominfo@jambiprov.go.id

ABDULLAH SANI : MARI KITA BANGUN DESA DARI KESENJANGAN INFORMASI

Sebagaimana diketahui bahwa informasi adalah hal yang sangat penting bagi masyarakat. Terlebih lagi di era digital ini, seluruh masyarakat diharapkan dapat menerima serta mengakses informasi dengan cara yang mudah yaitu dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi Abdullah Sani, S.Sos saat membuka acara Penyuluhan Desa Informasi Pembangunan Daerah pada Rabu (26 Juli) bertempat di Kantor Kecamatan Pemayung Kabupaten Batanghari Jambi.

“Selama ini kita mengetahui bahwa terjadi kesenjangan informasi antara kota dengan perdesaan, Padahal kita mengetahui bahwa sangat mudah untuk memperoleh informasi, tidak hanya dari media cetak dan televisi. Namun kita juga dapat memperoleh informasi dalam sebuah sistem yaitu internet. Semua informasi di belahan bumi ini dapat kita akses melalui sistem tersebut,” ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa yang tidak kalah pentingnya yaitu internet juga dapat memasarkan produk atau hasil olahan kita  melalui wadah yang bernama sosial media seperti facebook, instagram, twitter hal ini biasa kita sebut dengan e-commerce.

Abdullah Sani menjelaskan bahwa Pembangunan daerah tentu tidak dapat dicapai apabila hanya dilakukan oleh pemerintah saja, peran serta masyarakat dan tokoh pemuda diharapkan dapat memajukan desa sebagai sarana untuk membangun desa yang haus akan informasi. “untuk itulah sinergitas antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota diharapkan dapat berjalan dengan baik agar desa informasi dapat segera terwujud,” jelasnya.

Berkaitan dengan teknologi internet, Abdullah Sani mengatakan bahwa masyarakat juga harus tertib dalam mengakses internet, karena seiring dengan kemajuan teknologi tentu ada beberapa dampak negatif dari internet, misalnya : informasi mengenai terorisme, radiakalisme serta konten yang bermuatan pornografi. “maka dari itu masyarakat harus bijak dalam menggunakan internet, jadikanlah internet sebagai tujuan untuk membagun desa informasi yang diharapkan sesuai dengan cita-cita kita bersama,” tutupnya.

Muhammad Farisi, SH, L.LM Narasumber dalam acara tersebut mengatakan bahwasannya dengan kemajuan teknologi sebenarnya banyak sekali keuntungan yang bisa diambil, yaitu dapat dijadikan sarana untuk mengeksplorasi dan mengenalkan desa  kita kepada dunia. Dengan begitu desa kita dapat dikenal baik secara nasional maupun internasional.

Senada dengan yang dikatakan Abdullah Sani, Farisi mengatakan bahwa peran dari Pemerintah Daerah sangat dibutuhkan untuk saling bersinergi mendorong masyarakat agar lebih melek dengan teknologi informasi, “jangan samapai ada kesenjangan informasi antara wilayah perkotaan dan perdesaan,” ungkapnya.  

Dalam acara tersebut turut hadir Kabid Informasi Publik Pahari, SH, serta para peserta penyuluhan yang terdiri dari 18 Desa di Kecamatan Pemayung.

0 Komentar

Komentar Anda

Reply to the post


Visual CAPTCHA Masukkan kode validasi

Untuk masalah keamanan, kami akan menyimpan alamat IP Komputer anda